March 6, 2012

Ayam Kampung Super

0 comments
ayam kampung super pict

Ayam kampung super, jika dibaca dari namanya seolah ayam kampung jenis ini seperti memiliki daya pikat bagi kita semua. Ayam kampung jenis ini memang diharapkan tumbuh dan berkembang secara super cepat dan memiliki hasil daging dengan kualitas tinggi. Ayam kampung super dalam beberapa pekan terakhir ini telah sering muncul di televisi bak artis terkenal yang baru ngetrend, tak ayal banyak penikmat bisnis ayam kampung varian ini kebingungan akibat banjir orderan.

Ayam kampung super merupakan hasil persilangan genetik ayam kampung dengan ayam-ayam lain yang memiliki genetik lebih baik dibandingkan dengan ayam kampung pada umumnya. Ayam kampung super yang ada dilapangan selama ini diproduksi oleh breeder-breeder lokal, hasilnya pun bervariasi jika dilihat dari performa pertumbuhan, daya tahan, tekstur daging dan yang terpenting adalah warna bulu. Ayam kampung jenis ini kebanyakan saat ini didominanasi warna putih, hanya beberapa warna hitam dan beberapa warna lain. Ayam kampung super yang disukai peternak terutama di jawa adalah yang berwarna hitam dengan postur besar dan gagah.

Ayam kampung super jika dibandingkan dengan ayam kampung asli beberapa perbedaan yang bisa dilihat yaitu, ukuran doc lebih besar,warna dominan putih dan kuning beberapa muncul warna coklat,abu-abu,hitam dan blirik. Ayam kampung super relatif lebih kuat pada masa awal pemeliharaan, kematian awal cukup rendah jika dibandingkan dengan ayam kampung asli serta masa panen mampu berkisar antara 55 hari sampai 60 hari. Ayam kampung super dalam kenyataan di pasaran harga panenan relatif lebih murah 500-1000 rupiah perkilogram dibandingan dengan ayam kampung asli, namun dengan waktu panen yang lebih cepat otomatis pakan yang dihabiskan juga lebih sedikit.

Hingga tulisan ini diturunkan, masih banyak hal-hal yang berkaitan dengan ayam kampung super yang belum mampu kita teliti lebih lanjut. Penulis sampai saat ini masih mengembangkan jenis ayam kampung super yang memiliki performa unggul dan kualitas baik yaitu ayam kapung super dengan pertumbuhan cepat dan maksimal dalam waktu 55 hari serta memiliki warna bulu dominan hitam sampai dengan 50 persen lebih dan menurunkan kecenderungan warna putih seperti ayam kampung super kebanyakan.


Tags :

iklan-2

iklan-1






Cari Artikel Seputar Unggas Disini


Artikel Terkait :



Leave a Reply

Silahkan beri komentar setelah Anda membaca Artikel di blog ini