April 7, 2012

Cara Membuat Mesin Tetas Sederhana Semi Otomatis

110 comments
cara membuat mesin tetas sederhana

PANDUAN PRAKTIS CARA MEMBUAT MESIN TETAS SEDERHANA DENGAN KONTROL PANAS OTOMATIS

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan mesin tetas adalah kotak atau box mesin penetas jangan ada yang bocor atau tidak tertutup rapat. Apabila terjadi kebocoran maka suhu dalam ruang mesin penetas tidak akan tercapai karena udara panas akan keluar melalui lubang tersebut.

Bahan yang digunakan untuk membuat kotak mesin tetas sederhana ini adalah multiplek/triplek atau dapat juga menggunakan papan kayu atau bahan lain yang sesuai dengan desain pembuatan mesin tetas. Alat penetas telur ini dapat dengan mudah kita buat sendiri dengan biaya yang relatif murah.

Bahan dan Alat

Bahan untuk membuat mesin penetas telur berkapasitas 100 butir dengan sumber panas dari listrik adalah sebagai berikut:
- Multiplek / triplek 9 mm
- Engsel
- Kawat ram Ø 0.5 cm
- Seng
- Thermostaat
- Kabel listrik
- Fiting lampu
- Steker listrik
- Lampu bohlam
- Thermometer
- Baki/nampan air
- Paku triplek dan lem kayu

Sedangkan peralatan yang digunakan: gergaji kayu, gergaji besi, meteran, alat tulis, bor, obeng, tang, pahat kayu dan palu.

Cara Membuat

Potong multiplek/triplek dengan ukuran seperti pada (gambar 1) dan rangkaikan sehingga terbentuk kotak / bok dengan ukuran 60 x 30 x 30 cm.

mesin tetas 1


Buat lubang dengan ukuran 10 x 5 cm pada bagian atas kotak mesin tetas untuk ventilasi udara dan berilah penutup yang dapat dibuka dan ditutup, seperti (gambar 1).

mesin tetas tampak depan


Buat lubang pada bagian bawah kotak dengan ukuran 10 x 20 dan tutuplah dengan selembar pelat seng (gambar 1). Kegunaan pelat seng ini adalah sebagai elemen pemanas darurat jika terjadi pemadaman listrik. Jika terjadi pemadaman listrik maka taruhlah di bawah pelat seng tersebut lampu minyak.

Buat rak untuk tempat meletakkan telur di dalam mesin tetas, seperti (gambar 3). Bahan rak tempat telur dapat dibuat dari kawat lurus seperti pada gambar, dapat pula dipakai kawat ram atau Anda dapat berkreasi lain dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kita, yang penting rak dapat digunakan untuk meletakkan telur di dalam ruang mesin penetas.

rak mesin tetas


BAGIAN DARI MESIN TETAS

Regulator / Thermostat

Photobucket

Gambar 7 Thermostat


Adalah alat yang berfungsi untuk mengatur temperature dalam mesin tetas secara otomatis. Apabila alat ini terkena panas maka kapsul akan mengembang sehingga akan menekan sakelar (mikroswitch) dan aliran listrik akan terputus, sebaliknya apabila suhu turun maka kapsul akan mengempis dan akan menyalakan kembali lampu pijar sebagai sumber panas. Untuk menseting thermostat agar dapat memutus dan menyambung kembali aliran listrik yang menuju ke lampu pijar tidaklah sulit, untuk mengaturnya dengan cara memajukan atau memundurkan putaran baut penyangga kapsul. Lihat Gambar 7

Cara Menseting Thermostat

Lihat Gambar 7 untuk melihat bagian-bagian dari thermostat. Misalnya kita mau menseting agar ruang mesin penetas tepat pada suhu 40o C lampu pijar padam, maka caranya adalah

  • Jika sebelum suhu 40o C lampu pijar sudah padam, maka putarlah baut penyangga kapsul thermostat kanan atau searah jarum jam (kapsul menjauhi sakelar/mikroswitch).
  • Jika suhu sudah lebih dari 40o lampu pijar baru padam, maka putarlah baut penyangga kapsul thermostat ke kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam (kapsul mendekati sakelar/mikroswitch).


Baki/Nampan Air

Kegunanya untuk memenuhi standar kelembaban mesin tetas. Isi air dalam baki dengan ketinggian 2-3 cm / dibawah permukaan bibir baki. Apabila akan menambah air dalam baki, gunakan air hangat supaya perubahan suhu dalam mesin tidak turun secara drastis.

Rak Telur

Berfungsi sebagai tempat telur yang akan ditetaskan, rak telur diisi sesuai dengan kapasitasnya.

Ventilasi

Diperlukan untuk kebutuhan oksigen telur tetas dalam mesin. Ventilasi haruslah dapat diatur sesuai kebutuhan. Apabila ventilasi tidak ada maka udara yang ada didalam mesin tetas akan meracuni bibit telur dan dapat menyebabkan bibit telur tersebut mati.

Thermometer

Berfungsi sebagai indikator suhu yang diperlukan oleh mesin tetas.

ALAT PENDUKUNG PENETASAN

Alat Candling / Teropong Telur
Digunakan untuk melihat apakah telur yang dimasukkan kedalam mesin penetas itu dibuahi / fertile atau tidak. Alat candling dapat dibuat dari lampu senter yang bagian depannya dibuat seperti corong dari kertas karton yang berwarna hitam. Atau dapat pula dibuat dari pipa paralon diameter 2-3 inci dipotong sepanjang 15 cm didalamnya diberi lampi pijar. Kedua sisi pipa ditutup, salah satu sisinya diberi lubang lagi selebar ukuran telur.

Untuk keperluan peralatan Thermostat dan Thermometer, kami menyediakan paket pembuatan mesin tetas sederhana semi otomatis. Silahkan lihat DISINI

Jika ada yang belum jelas mengenai pembuatan mesin tetas sederhana ini silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat...

Tags :

iklan-2

iklan-1






Cari Artikel Seputar Unggas Disini


Artikel Terkait :



110 Responses so far

  1. H3NDR4 says:

    saya ingin mementaskan telur ayam srama. bisakah dengan mengunakan mesin tetas, sebab ayam srama yang saya punya tidak mau mengeram....

  2. syanur says:

    pada umumnya prilaku ayam serama memang enggan mengerami telurnya sendiri, solusinya adalah telur2 tsb ditetaskan pada mesin tetas http://pesonaunggas.blogspot.com/2012/01/cara-menetaskan-telur-ayam-serama.html

  3. Lampu pijar berapa watt di pake ????
    Telornya di balik berapa kali sehari...............

  4. @ullah : lampu bs pake 5 watt x 4 buah, telur dibalik minimal 2-3 kali sehari (spt minum obat, he he he..)

  5. lubang ventilasinya kapan dibuka dan ditutup kembalinya? sedangkan keterangan di atas ruangan harus tertutup rapat

  6. Salam Kukuruyuk.
    artikel ini sangat membantu saya yang ingin memulai usaha ternak ayam kampung.
    oh ia mas, mau tanya, termostat yang biasa digunakan di mesin tetas, bisa di dapatkan di toko-toko elektronik ya? jenisnya apa? mohon jawabannya! Makasih.

  7. Salam pethok2... Kami sangat senang jika artikel ini bermanfaat bagi om Wawan. Untuk jenis thermostat yg dijual di toko2 elektronik yg umum ada 2 jenis yakni elektrik dan bimetal. yg lebih murah tentu yg bimetal..

  8. @mas agus: dijawa ada

  9. @mas Nawawi: pengertian ruangan harus tertutup rapat bukan berarti tdk boleh ada sirkulasi udara. Lubang ventilasi sangat diperlukan untuk sirkulasi udara, lubang ditutup pada 3 hari pertama dan dibuka pada hari ke-4 sampai dengan menetas. Fungsi lubang ventilasi adalah untuk mengeluarkan gas CO2 yang keluar dari telur2 yang ditetaskan.

  10. Postingan yang Sangat bagus dan menarik untuk dibaca tentang cara membuat mesin tetas sederhana semi otomatis.... Saya suka mengunjungi blog ini.

  11. aguz says:

    stelah membaca artikel ini saya jd tertarik,tp msh ragu kalau nantinya aku gagal untk mencobanya

  12. masindie says:

    Kalo beli sama buat sendiri kira2 mahal mana gan!???? Selang brapa rupiah ya????

  13. @masindie: tentu mahal beli yg sdh jd, kan sdh ada nilai tambah ongks tukang dan keuntungan. Kalo buat sendiri plng 200rb sdh kelar, apalagi kalo bhnnya memanfaatkan kayu2 bekas.

  14. Saya sangat tertarik dgn info ini..sy mau tanya mas,kolo untk shu yg diperlukan brapa drajat ya?

  15. @ismat: untuk suhu penetasan telur ayam, itik, bebek antara 38-39 derajat C, untuk telur burung merpati, perkutut, puyuh, dan sejenisnya 37-38 derajat C. Desain mesin tetas tsb diatas menggunakan 4 buah lampu, jika pakai merk chyoda atau masko cukup pakai yg 5 w sj tp jika pakai philip atau yang lainnya 15 w, pada chyoda bs 5 w karena bola kacanya lebih besar. Lamnya penetasan untuk telur ayam 21 hari, itik 28 hari, bebek 37 hari, puyuh 17 hari.

  16. zaktoun says:

    mas saya lagi nyobain ngatur suhu, dgn lampu eterna bola lampunya besar mirip ciyoda.
    sy bingung ngatur suhunya dijauhkan ampe mentok dan lampu mati termometer diatas 50c (over heating) dikasih dekat pengaturan otomatisnya malah diatas 40c, saya gunakan 6 lampu eterna bentuknya mirip ciyoda hrg 3000an/satu/5watt mas bantuin ya mas ngatur suhu ? terimakasih sebelumnya

  17. @zaktoun: utk lampu yg mas pakai sebenarnya sdh standar, utk menseting thermostat mulailah dari suhu ruangan dulu (sktr 30 C)dg posisi kapsul dekat dg microswitc, nyalakan lampu, sktr naik 1-2 derajat lampu pasti mati, putar kapsul sedikit menjauhi microswitc, lampu nyala lagi, sktr naik 1-2 derajat lampu pasti mati lagi, putar lagi kapsul menjauhi microswitc.. bgt seterusnya sampai suhu mencapai stabil pada suhu penetasan 38-39 C.

  18. Dari denah gambar, bukankah lampu sudah ada di atas dan di bawah? apa masih perlu di bolak-balok telurnya?
    Jika saya beli termostat apakah sudah pasti bisa memasang sendiri dengan bantuan buku paduan?....
    Saya di papua boss.......jika saya pesan paket termostat, tetap bebas biaya kirim ya?..........tks

  19. @edi: untuk mendukung perkembangan embrio kondisi telur hrs berubah posisi.
    Untuk pemasangan thermostat kami kira setiap orang akan dapat merangkainya sebab serupa dengan menyambung saklar listrik di rumah.
    Untuk pengiriman paket ke beberapa wilayah kami lihat dulu lokasi tempatnya untuk penyesuaian hrg, terutama wilayah papua dan aceh.

  20. untuk kaca yang ada di pintu, itu maksudnya untuk bisa melihat kedalam yapak,.......untuk menghemat biaya bahan, kalau diganti dengan plastik tebal transparan,..itu bisa didak ya pak? tks

  21. satu lagi pak safig, tempat kami sering mati lampu ya waluapun tidak lama,.....box ini diset agar bisa menggunakan lampu minyak sebagai lampu darurat. nah kalau tetap menggunakan lampu pijar dengan menggunakan aki bagainana ya..............

  22. Jika menghendaki tetap menggunakan lampu pijar saat mati lampu, solusinya adalah kita pakai aki dengan menggunakan rangkaian inverter seperti disini

  23. kaca pada lubang kontrol dpt diganti dengan plastik mika, lebarnya bisa saja diperkecil misalnya 5 x 10 cm saja.

  24. Saya mau bertanya..
    Apakah telur yang dijual dipasaran itu bisa ditetaskan pada mesin penetas otomatis ini.!? dan dalam jangka waktu berapa lama telur itu akan menetas.!? dan satu lagi pertanyaan saya.. Apakah bisa mesin penetas ini digunakan dengan cara manual pada pengaturan lampunya. menyalakan brp jam sehari, dan mematikan juga berapa jam sehari.. Atau menyala terus sampai menetes.!?
    Terimakasih..

  25. Anonymous says:

    mas saya mau tanya setelah kita masukan telur k dalam mesin tetas, berapa hari telur harus mulai di balik.

  26. Pak safik, saya sudah berhasil membuat 1 unit mesin tetas dengan ukuran 60 x 30 x 30 cm sesuai petunjuk pembuatan Bapak, tetapi kok hanya muat kurang lebih 60 telor saja? bukankah seharusnya muat 100 telur? padahal saya sudah menambah ukuran sehingga ukuran dalam bersih jadi 60 x 30..

    Jika saya menambah ukuran agar bisa muat 100 Butir, misalnya 50 X 80 bisa atau tidak? kemudian posisi dan jumlah lampu bagaimana?

    Mohon bimbingan Bapak, karena saya sedang mulai usaha ini dan artikel bapak yang saya gunakan sebagai paduan....

    Jika saya minta bantu untuk dibuatkan rangkaian arus aki ke listrik + ongkos kirim ke sorong harganya berapa ya pak?..tks

  27. syanur says:

    @mas edi: jika dipakai untuk telur itik memang muat sekitar 60 btr, tp jika utk telur ayam yang ukurannya besar dg posisi miring maka bs muat sampai 90-96 btr, itu jika model raknya bersekat (lihat disini).

    Untuk ukuran bok, silahkan berinovasi sendiri yang penting penempatan lampu bs menghasilkan panas yang merata ke seluruh ruangan bok.

    Untuk rangkaian inverter sederhana kami mhn maaf sbb tidak sempat merangkaianya.

  28. @Putra Andhyka : Untuk telur yang dijual di pasar kurang terjamin fertilitasnya, apalagi jika didatangkan dari peternak besar dengan kandang sistem bateray tanpa pejantan.

    Lamanya penetasan bergantung pada jenis telurnya. Utk ayam 21 hari, itik 28 hari, mentok 37 hari, puyuh 17 hari, dsb

    Menggunakan kotak tetas ini secara manual (tanpa Thermostat) kami belum pernah mencobanya, sehingga kami tdk tahu harus menggunakan lampu brp watt utk mneghasilkan panas sktr 38-39C secara konstan.

    Lampu senantiasa on, dengan adanya thermostat lampu akan hidup dan mati secara otomatis agar suhu tetap terkontrol stabil pada suhu penetasan

  29. apa bisa menetas telor lovebird pak

  30. maf mau tanya pak, apakah air yang ada di bakiperlu diganti setiap beberapa hari sekali ? dan apakah airnya dipasang mulai awal pak ? terima kasih

  31. @jaya : Peletakan air dlm bak dilakukan mulai hari pertama sd telur menetas, jika beberapa telur sdh menetas bak air segera diambil agar anak ayam tdk mengalami gangguan pernafasan. Air dalam bak tdk perlu diganti setiap hari, jika air dalam bak akan habis segera tambahi lg airnya.

  32. kira2 klo ukuran 60x30x30 jarak antara thermostat ke lampu pijar brapa cm

  33. informasinya sangat membantu.
    jadi pingin coba.

  34. saipul says:

    Telor y kalau gak di bolak balik dapat menetas gak ya mas... Kan smber panas y diatas dan di bawah...?
    Mohon penjelasan y...

  35. @saipul : secara teori, telur yang ditetaskan tanpa dibolak-balikpun sebenarnya bs menetas (misal telur penyu, buaya, cicak, penetasan telur itik didlm sekam, dll) tp utk kondisi dlm ruang inkubator suhu didlm dipastikan tdk dpt merata ke setiap sisi telur shg diperlukan pemutaran.

  36. @erwin : Thermostat bs diletakkan di sisi atas, mengenai jaraknya dengan lampu terserah saja, asal tdk terlalu dekat (berimpit)

  37. sesuai dengan pengalaman anda , apakah dibawah telor yg mau di tetaskan tersebut, perlukah di kasi alalas untuk penempatan telor itu???. mohon penjelasan ,,,,,

  38. Klo k madura pke ongkir ap gk,,,??
    Harga alat penetas yg paling murah brp trus alat penetasnya itu bs lngsung dpake ap msih butuhh alat tambhan..??

  39. @made : dibawah rak telur tdk usah diberi alas, biarkan telur langsung bersentuhan dg kawat kasa agar permukaan telur dpt terkena uap air utk menjaga kelembabannya.

  40. @sultan : jika yg Anda maksud Paket alat yg seharga 150rb gratis ongkir, untuk msn tetas yg sdh jadi yg paling murang kapasitas 30 tlr (rak manual) harga 250rb + ongkir ke madura 91.500. Utk kapasitas 100 tlr (rak putar) hrg 380rb + ongkir ke madura 152rb

  41. saya agak kesulitan menentukan suhu....
    setelah saya perhatikan, jika termometer saya letakkan semakin dekat dengan lampu, maka suhu semakin tinggi. jadi suhu di dalam mesin tetas itu tidak merata.....jika demikian lalu saya harus meletakkan dimana termometer terebut agar telur tepat mendapatkan suhu 38 -39? tks

  42. @Edi S: letakkan thermometer diatas rak telur

  43. Anonymous says:

    pak mau tanya mesin tetas saya tidak memiliki air dibawah telur namun saya sudah berhasil menetaskan telur bebek, yang jadi pertanyaan bagaimana kalau telur ayam ditinggal induknya apakah masih bisa?

  44. syanur says:

    Fungsi air dibawah rak telur adalah untuk menciptakan kelembaban, gunanya utk memudahkan pecahnya cangkang telur. Keberadaan tempat air ini tdk mutlak hny membantu, banyak terjadi tanpa airpun telur bs menetas. telur yg ditinggal induknya dpt diteruskan penetasannya dlm mesin tetas..

  45. syanur says:

    Sementara ini kami hanya mempunyai mesin tetas kapasitas 100 (PUI-100) dan kapasitas 30 (PUI-30)

  46. Unknown says:
    This comment has been removed by a blog administrator.
  47. Maaf pak, untuk burung kutilang berapa hari menetasnya ya? Dan berapa jarak dari lampu ke telur untuk lampu 5 watt? Terima kasih.

  48. @Laundry: Utk burung berkicau periode penetasannya antara 14 - 17 hari. Jarak dari lampu ke telur sktr 15 cm

  49. Jika nampan ditaruh nggak tepat dibawah telur tapi dibawah samping gimana pak?

  50. @priyono: ga masalah yang penting bs menciptakan kelembaban di dlm kotak inkubator

  51. ilmuku says:

    infone menarik pak, nyoba pake mesin tetas kok daya tetas kurang memuaskan ya pak, sekitar 75 nan persen saja, kira-kira ada kelemahan apa ya pak?

  52. syanur says:

    @ilmuku: Kalo yg bpk tetaskan itu telur itik prosentasi 75% itu sdh termasuk bagus, tp jika telur ayam maka msh kurang bagus. Faktor utama kegagalan dalam penetasan adalah telur yang infertil, rentang suhu yg tdk tepat, dan kelembaban yang tdk tepat.

  53. Pak, saya sedang menunggu hasil uji coba di mesin kedua saya yang memasuki hari ke 25, dalam perjalanan selama itu banyak telur yang busuk. ketahuan setelah telur tersebut retak yang menimbulkan bau tak sedap. Sebabnya apa ya pak?

    Kalau lampu mati selama dua atau tiga jam dan tidak ada energi panas pengganti, apakah dapat berpengaruh terhadap daya tetas?

    sebagai info tambahan, telur bebek yang saya tetaskan sedikitnya 75% fertil karena saya coba di eramkan ke ayam, dari 5 telur menetas semua...trimaksih atas bembinganya...

  54. sitok engkas pak, pembalikan telur itu apakah harus 180 derajat?...klau saya tidak salah lihat di iklan gambar mesin tetas yang kapasitasnya banyak, itu sepertinya pembalikan tidk libih dari 90 derajat....

  55. syanur says:

    @Edi Saputro: dari pengalaman selama ini, terjadinya telur retak dan menimbulkan bau busuk disebabkan antara lain masa simpan telur yang terlalu lama atau adanya retak halus pada kulit telur.

    Dari hasil uji coba yang sudah kami lakukan, jika terjadi pemadaman listrik selama 1-2 jam ternyata tdk begitu mempengaruhi keadaan embrio didlm telur, asalkan mesin penetas berada pada ruangan dengan suhu sktr 30 C. Utk lingkungan di tmpt mas Edi kami blm mengetahui pengaruhnya.

  56. syanur says:

    @Edi Saputro: pembalikan telur 180 derajat lbh sempurna tapi tdk mutlak, derajat minimal pembalikan bisa hanya 45 derajat dari posisi mendatar. Tujuan utama pembalikan adalah menghindari terjadinya perlengketan embrio pada salah satu sisi telur, yang bs menyebabkan kematian atau cacat pada anak unggas saat menetas.

  57. Salam tanya lagi pak,......telur yang saya nanti2, akhirnya menetas juga, walaupun prosentasinya tidak banyak tetapi saya cukup puas karena memang ini pengalaman saya yang pertama dalam menggunakan mesin tetas, pertanyaan saya kali ini adalah ;
    - Telur yang saya tetaskan ada yang berumur hari baru menetas...apakah itu normal? atau karena suhu yang tidak stabil seperti pertanyaan saya sebelumnya?
    - Jarak antara retakan sampai menetas bisa sampai tiga hari...dan lebih bayak di bantu...apa itu juga normal ?
    - saya punya 3 box, yamg pertama saya buat dari triplex 3 mm dan yang lainya saya buat dari triplex 3 mm yang saya lapisi dengan karton sehingga benar-benar kedap udara selain lubang ventilasi...dan ternyata sama-sama suhu 38 Drajat, panas telur jika kita genggam, itu lebih panas box yang saya lapisi karton.....saran bapak, sebaiknya saya pakai yang mana?....telur yang sudah menetas yang saya ungkapkan di atas adalah menggunakan box tanpa lapisa karton....
    Demikian pak safik...........sekali lagi trimaksih atas bimbingan Bapk.

  58. Pak, aku buat mesin tetas dengan ukuran 60x30x35, dengan 3 bh lampu 5w ku taruh di atas dan suhu stabil 38c, setelah ujicoba ku isi 16 butir telur ayam kampung kok ndak ada yang netas ini sudah hari ke 22, telur dibalik 2x pagi dan malam (dari hr ke 3-18), tadi kupecah satu dalam sudah ada embrio tp tidak berkembang, itu apanya yang kurang beres pak, sama mesin tetasku?

  59. syanur says:

    @Edi Saputro: Selamat menuai keberhasilan atas kegigihannya selama ini walaupun prosentasenya msh relatif kecil.

    Keterlambatan menetasnya telur diantaranya disebabkan tingginya kelembaban pada saat awal inkubasi sd 3-5 hari sebelum menetas. Yang ideal adalah saat hari ke-1 sd 3 mgg kelembaban sedang dan pada 3-5 hari sebelum menetas kelembaban ditingkatkan. Jika Sampeyan tdk pakai higrometer, ukuran kelembabannya dikira-kira sesuaikan dg ukuran bak air.

    Rentang waktu normal antara retaknya cangkang telur sd menetas sempurna adalah 3 jam.

    Box triplek dengan lapisan karton tentu lbh ideal. Untuk ukuran skala suhu yang benar adalah yang ditunjukkan pada thermometer bukan pada tangan sampeyan (itu hanya perasaan)

  60. syanur says:

    @Priyono: Desain dan keadaan inkubator saya rasa sdh ideal, apakah peletakan thermometer sdh teapat? (di atas rak telur), apakah bak air di bawah rak telur ukurannya sdh ideal? Jika kedua hal tersebut sdh oke, silahkan simak di link berikut http://www.pesonaunggas.com/2012/06/penyebab-kematian-embrio-pada-umur-dua.html

  61. Asslm..Mas,mau nanggapi masalah ruang ventilasi itu..hbs d buka setelah hari ketiga, itu emang dibiarkn terbuka ya ventilasinya..? trs gimana dg temperaturnya..? pasti berubah kn klu bgtu..mohon bantuannya mas..Bingung sgt ni..Ouu iya, bagian dlm kotak itu boleh d cat wrna hitam gx..?

  62. syanur says:

    @Agung: Wss, mulai hari ke-4 biarkan ventilasi terbuka, hal ini tdk akan mempengaruhi kestabilan temperatur sebab kan sdh ada thermostat. Bagian dalam kotak boleh dicat warna apa sj

  63. mas.untuk ke kutim trima ditempat berapa total biayanya? trus bagaimana pembayaranya.trimakasih

  64. Anonymous says:

    untuk mesin diatas max bisa digunakan berapa telur gan?
    thanks

  65. desain kotak tetas di atas dapat memuat 92 telur ayam kampung

  66. @fatih: bs call/sms ke 085247557349

  67. Syam Kill says:

    Artikel anda sangat bermanfaat,dan sya pngen coba buat mesin tetas sperti gambaran di atas.sya ada coba buat alat tetas dgn ember bkas cat 25kg,dgn sepuluh butir telor aym bangkok.dgn 1lmpu pijar 10w,dgn suhu kira2 tanpa termometer.dan alhamdulillah menetas semua.dan smoga ilmu yg anda bagi akan membawa ke keadaan yg lebih baik

  68. Tatta says:

    pak saya mw brtnya tntang Gambar 7 thermostat
    ap kah itu dirangkai sendiri?
    trmksh

  69. syanur says:

    @Tatta: Yg dilepas hanya kapsulnya sj, jd saat mau dipakai tinggal pasang sj kapsulnya spt gb diatas

  70. Bagaimana klo seandaenya terjadi pemadaman lampu secara bergilir dan memakan waktu berjam2 dan bagaiman cara memilih kualitas telur yg baik??? tolong di jawab Mas Brow

  71. syanur says:

    @Haji Sunusi: Jika terjadi pemadaman listrik, pakai lampu minyak (teplok). Kualitas telur yang baik adalah fertil, lama penyimpanan tdk lebih dr 1 mgg, bentuk tidak membulat dan tdk terlalu lonjong.

  72. trimakas pak artikel yang bpak tulis sangat membantu saya.

  73. Anonymous says:
    This comment has been removed by a blog administrator.
  74. Mas mau tanya...
    Untuk 30 butir telur ayam kate, kira-kira inkubatornya berapa kali berapa mas?
    Terus berapa suhunya apakah sama seperti ayam biasa ato sperti burung ?
    Trus berapa hr smpai mnetas?
    Tolong membuatkan sketsa penempatan lampu'y mas ?
    Utuk sketsa diatas seperti dapat diputar tapi bagaimana memutarnya ?
    Dan dimana tempat yg baik untuk menaruh cndling'y mas?

    Terimakasih, maaf pemula....

  75. syanur says:

    @m. rifky: kalo mau buat msn tetas kapasitas 30 tp bisa mutar lihat di DISINI Utk setting suhu sama spt utk ayam pd umumnya yakni 38C. Utk candling dilakukab diluar msn sj.

  76. no kontakny kmarin udah q save. Trimakasih lain waktu q hub. Siti/Dono dari sukoharjo

  77. pakdhe says:

    mohon lebih detail cara pembuatan rak telur dengan handle putarnya.. Apa nama handle yg diguanakan dan bisa dibeli dimana.. Terimakasih penjelasanya..

  78. @Pakdhe: handle putar bs pakai baut, jika kesulitan bwh sj gbr diatas ke bengkel tukang las mnt buatkan.

  79. Tanya pak.. kegunaan handle disi utk apa ya pak.? Seandainya gak pakek handle bisakah? Mhon perinciannya pak mimin. Suwon...

  80. @Donny: Kegunaan handle utk memutar rak telur. Jika ga pakai handle tdk apa2, malah pembuatannya lbh cpt. pakai saja rak telur yg permanen, balik telurnya satu persatu

  81. saia punya mesin tetas buatan sendiri.suhu normal 100f.cuma kalo netasin telur bebek biasanya 28 hari,tapi kok di dalam mesin saia 25-26 telur udah menetas? apa ada yang salah dengan mesin tetas saia? mohon penjelasannya pak.

  82. syanur says:

    @bebek: tdk ada yg salah dg msn tetas Anda. Kadang telur sebelum masuk msn tetas sdh terjadi proses inkubasi diluar, hal tsb memungkinkan terjadi jika suhu tempat penyimpanan tlr mendekati suhu inkubasi.

  83. Chua Nda says:

    kira kira kalau di tetaskan di dalam kardus indomie trus kita masuk kn krat telur ayam tsb di dlm kardus untuk taruk telur ayam kira" bisa tidak ya..??

    kemudian,pakai lampu yg brapa wat, posisi lampu ke telur brapa cm pak.. sekian mohon bimbingannya..

  84. @Chua Nda: Menetaskan tlr didlam kardus tentu sj bs tapi desainnya tdk spt yg Anda rancang tsb, Tempat telur / krat / trey harus yang terbuat dari plastik berlubang (bukan yg kertas) diletakkan ditengah kardus, dibawahnya diberi nampan air, diatasnya diberi lampu bohlam. Untuk ukuran daya lampu kami tdk tahu berapa watt agar stabil pd suhu 37-39C krn kami blm pernah cb, agar suhu stabil sebaiknya pakai thermostat.

  85. Chua Nda says:

    sama ga termometer pengukur suhu tubuh sama thermosthat yang anda bilang pak...?

    apakah telur tidak terrebus ( masak ) dengan suhu tinggi segtu pak..? :(

    karena saya baru pemula jdi takut hilang telurnya..trus ga netas pak..

  86. @Chua Nda: sama saja thermometer badan dengan ruang, hanya kalo thermometer badan turun naiknya skala suhu sangat lambat, jd kalo dipakai utuk inkubator kurang efektif. Suhu 37C adalah suhu tubuh. Utk jarak telur ke lampu sekitar 10-15 cm.

  87. gan sya mu nanya, klo masukin telurnya bertahap gmn tp dlm satu inkubator. soalnya ayam2 sya beertelur tp gk tiap hari kadang selang stu hari bru bertelur lagi

  88. syanur says:

    @Husni Mahbub: Bisa saja, tapi inkubatornya jangan pakai yang rak putar sbb kalau kelompok telur yang dimasukkan menyusul akan ikut terputar, padahal 3 hari pertama dan 3 hari terakhir sebelum menetas telur tdk boleh diputar. Jika utk usaha peternakan hal tsb tdk kami sarankan, sbb Anda akan mendapatkan kelompok anak ayam dengan umur yg berbeda, akan menimbulkan masalah pd saat usia ayam remaja, jika dikumpulkan dlm 1 kandang akan terjadi kanibal. Jika terpaksa hrs melakukan penetasan dg beberapa kelompok telur, kumpulkan dulu telur-telur sampai 14 hari, baru masukkan ke inkubator. Jgn tiap 2 - 3 hari memasukkan hanya 1 telur.

  89. Ahmad says:

    Artikel yg bermanfaat, dan pertanyaan para penanya mewakili pertanyaan saya, mksh untk smua, saya akan mencoba

  90. Boss,.....
    Bagaimana kita bisa tau kalau telur itu bisa / tdk nya menetas, apa tanda'' low tlur itu bisa menetas,...?? Thanks.

  91. syanur says:

    @Andry: silahkan baca di sini http://www.pesonaunggas.com/2013/05/seleksi-telur-untuk-penetasan.html dan disini http://www.pesonaunggas.com/2013/08/jangan-lupakan-candling.html

  92. mau tanya pak. saya baru beli paket dari bapak. mau bikin cuma masih bingung cara kerja rak putar.

  93. syanur says:

    @Dedy: Utk rak putar, putarannya hanya 40-45 drajat sj, putarnya ke dpn dan ke belakang. Sambil memahami desain yang kami berikan, sebaiknya dicoba dulu untuk rak yang tdk berputar..

  94. kl telur love bird,suhu berapa yg di perlukan pada settingan thermostat?....trims

  95. syanur says:

    @Arie: lbh detail silahkan lht disini

  96. alat canding atau teropong telur itu kegunaanya apa ?

  97. syanur says:

    @Andika: alat candling digunakan utk melihat perkembangan embrio didalam telur

  98. ADa nmer tlp yg bisa di hubungin gag? Alamatnya dmna?

  99. syanur says:

    @Lia: bisa lihat di kontak kami, sebelah kanan atas

  100. Anonymous says:

    Salam unggas..! Mau nanya nih mind,,, kalo telur burung kacer itu menggunakan suhu berapa pak,,,thanks

  101. syanur says:

    Untuk telur burung, setting suhu pada 37 C

  102. Blank says:

    thank gan infonya berguna banget
    ssh gratis

  103. pak mesin saya terbuat dari steropom dan pembalikannya menggunakan tangan langsung apa berpengaruh, semuanya ko gak menetas, dari hari ke 4 pun gak ada tanda tanda, mohon solusinya pak, terimakasih,-

  104. mas klo pemakain lampu darurat apa hrus di pindah kan bak air nya ?*waktu listrik pdam*

  105. izin mas,numpang tnya klo triplek nya bukan ukuran 9 mm, tpi pke ukuran 3/4 mm bsa ?

  106. syanur says:

    @Adit Zaydan: Jika memakai lampu darurat (lampu minyak) utk sementara bak air bs diambil agar fluktuasi suhu didlm msn tetas cepat tercapai. utk bahan pembuatan kotak tidak harus triplek 9 mm, bahan apa saja bisa dipakai yang penting dapat mengkondisikan ruang kotak tetas bisa mencapai suhu penetasan yang stabil.

  107. syanur says:

    @Deni Andani: Kotak tetas dari sterofom tdk masalah dan pembalikan telur yang Anda lakukan tdk ada masalah. Jika suhu dalam ruang tetas benar2 sdh stabil pada 38C, kegagalan telur menetasan (tdk ada tanda2 perkembangan embrio) bs sj terjadi karena telur yang Anda ditetaskan infertil (tdk terbuai oleh pejantan). Ada 3 faktor keberhasilan penetasan, 33% faktor mesin tetas ; 33% faktor operator ; 33% faktor fertilitas telur

Leave a Reply

Silahkan beri komentar setelah Anda membaca Artikel di blog ini